Rabu, 30 Desember 2015

4 Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi



Hasil gambar untuk nyeri saat menstruasi
Menstruasi adalahperubahan fisiologis yang terjadi pada tubuh perempuan secara berkala dan dipenngaruhi oleh hormon reproduksi FSH-Esterogen atau LH-Progerteron. Menstruasi sering disebut fase dimana perempuan sudah baligh atau pubertas. Sebagian besar perempuan sering merasa nyeri saat mengalami menstruasi pada hari-hari pertama. 

Rasa nyeri dan kram yang dialami oleh para perempuan akibat adanya kontraksi dan reaksi ketika menstruasi. Rasa nyeri dan kram jika bergerak sedikit saja menyebabkan rasa nyeri yangv membuat kamu merasa tidak nyaman. Berikut beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri saat menstruasi:

1.      Aktifitas fisik
Usahakan olahraga setiap hari untuk mengurangi rasa nyeri. Olahraga yang rutin seperti yoga, aerobik dan jogging dapat membantu tubuh untuk melancarkan siklus menstruasi.

2.      Konsumsi Vitamin
Mengkonsumsi Vit E yang terdapat pada buah Alpukat dan kuning telur dapat mengatasi gejala PMS dan nyeri haid. Vitamin C dan zinc dapat  membuat sel telur dan sistem reproduksi menjadi lebih sehat serta subur.

3.      Kompres air hangat
Mengkompres perut dengan air hangat dapat membuat perut kamu lebih nyaman meskipun tidak dapat sepenuhnya mengatasi rasa nyeri.

4.      Minum Analgesik
Mengkonsumsi obat yang mengandung analgesik hanya dikonsumsi saat rasa nyeri sudah tidak tertahankan. Jika rasa nyeri belum hilang sebaiknya konsultasi ke dokter.

Cara mengurangi rasa sakit dapat di lakukan untuk membantu aktifitas kamu yang terhambat akibat menstruasi. Jika kamu sering mengalami rasa nyeri sampai mengganggu aktifitas sehari-hari sebaiknya konsultasikan dengan dokter secepatnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar